Sehat dan Hemat #1

by - Januari 11, 2019





Terlalu lama tinggal di Garut yang kerjaannya kebanyakan gabut membuat badan sedikit melar. Timbanganku naik 4 kg dari 49 kg menjadi 53 kg. Agak sedih rasanya karena celana kerja tiba-tiba jadi ketat terutama di bagian paha dan satu celana kesayanganku kancingnya copot. Beberapa perawat di IGD pun beberapa kali nyeletuk “Dok pipinya jadi chubby”, juga partner jagaku yang bilang pahaku agak besar. Aku mencoba untuk olahraga tapi kurang ngefek (kurang ngefek karena olahraganya males-malesan dan berujung pada jajan post olahraga). Aku jarang sekali makan sayuran dan ditambah makanan yang diberikan rumah sakit kepada pegawainya pun kurang sehat (kami dikasih popmie dan teh javana).  Pokonya kehidupanku agak kurang sehat di Garut.

Oh iya aku juga mulai agak insecure karena masa internship akan segera berakhir, yang artinya aku sudah tidak akan mendapatkan pendapatan tetap lagi.. Hahaaa.... dan aku belum mempunyai pegangan untuk pekerjaan setelah masa internship. Perpaduan kenaikan berat badan dan penipisan dompet ini membawaku ke suatu usaha menurunkan berat badan dan penghematan.

Aku akhirnya mencoba untuk diet dan hemat. Caranya? Perbanyak makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Oh iya makanan yang aku makan harus aku masak sendiri (supaya hemat tentunya). Berbekal pengetahuan dari mamah, aku akhirnya mencoba masak sendiri di magic com. Iya, magic com.... aku masak di magic com karena malas ke dapur kosan yang nyatu sama dapur yang punya rumah. Lagian kan kurang enak juga kalau terus-terusan ikut masak. Selain itu kalau aku mau pake dapurnya aku harus memastikan si dapur sedang tidak dipakai masak sama ibu kosan atau saudara-saudara ibu kosan yang lain.

Resep pertama yang berhasil aku buat adalah tumis jamur. Tanpa berlama-lama inilah resepnya:

Bahan:
  • Jamur kancing 250 gram
  • Bawang putih satu siung
  • Bawang merah satu siung
  • Tomat hijau kecil 1 buah
  • Daun bawang secukupnya
  • Garam
  • Penyedap rasa ayam (aku pakai royko)
  • Merica putih
  • Air untuk menumis (aku menumis gak pakai minyak hehe kan ceritanya sedang diet)

Cara membuat
  • Cuci bersih jamur, bawang, tomat, tomat, dan daun bawang
  • Iris tipis-tipis bawang merah, cincang halus bawang putih, potong tomat jadi beberapa bagian kecil, dan potong bawang daun dengan panjang masing-masing 0,5 cm
  • Masukan 3 SDM air hangat serta bawang merah dan bawang putih ke dalam wadah magiccom
  • Tunggu sampai aroma bawang menguap melalui maggiccom
  • Masukkan jamur kancing dan tunggu sekitar 3-5 menit sampai jamur mengeluarkan air (jadi nanti akan agak berkuah gitu tapi kuahnya ari si jamur)
  • Masukkan garam, penyedap rasa, dan merica sesuai selera, aduk rata
  • Masukkan bawang daun dan potongan tomat
  • Diamkan 1 menit (aku ga suka tomat layu jadi 1 menit cukup ya... setengah menit juga oke sih)
  • Matikan magic com
  • Sajikan
  • Siap makan



Estimasi biaya:
  • Jamur kancing 250 gram Rp10.000,00.
  • Bawang merah dan bawang putih sarawueun Rp1.700,00. (dengan harga segini aku bisa pakai masak sampai 1 minggu)
  • Tomat ijo Rp300,00.
  • Bawang daun Rp1.500,00. (ini Rp1.500,00. bisa dapat banyaaaaaak banget dan bisa dipakai masak 1 minggueun)

Oh iya ini tumis jamur bisa aku makan untuk 3-4 kali alias satu harieun. Sangat lumayan kan?
Tertarik mencoba?



You May Also Like

0 comments