Surprise dari Google Local Guide

by - Juli 28, 2019



Pada bulan Mei lalu, aku mendapatkan email dari Google Local Guide dengan subject: Vera, your April contributions unlocked a special perk. Awalnya aku kira aku hanya akan mendapatkan voucher atau potongan harga untuk travelling saja seperti biasanya. Tapi karena penasaran aku tetap membuka email tersebut dan ternyata aku mendapatkan penawaran kaus kaki gratis dari Google Local Guide dan tentunya gratis ongkos kirim juga. Untuk mendapatkannya aku harus me-reedem kode yang telah dilampirkan di email. Aku pun disuruh mengisi data diri beserta alamat rumah. Setelah berhasil, aku mendapatkan email konfirmasi yang isinya memberitahukan bahwa hadiah dari Google sudah dikirimkan dan akan sampai ke rumahku dalam waktu maksimal 6 minggu. Di dalam email juga disebutkan bahwa aku tidak dapat melacak resi. Yaaah gapapa lah, toh namanya juga hadiah.. dapet alhamdulillah, enggak juga gapapa.

Satu bulan kemudian, tiba-tiba ada tukang pos datang berteriak “PAKEET” di depan rumahku. Aku saling pandang dengan mamah heran karena kami sedang tidak belanja online. Aku pun akhirnya menyambangi Pak Pos dan mendapatkan paket berwarna oranye yang ternyata dari Google Local Guide. Aku kaget bercampur senang karena aku kira hadiah itu akan sampai ke rumah bulan depan. Ternyata hadiahku dikirimkan dari UK via Royal Mail yang kemudian diteruskan oleh PT POS Indonesia.

Hadiah yang aku dapatkan adalah sepasang kaus kaki berwarna biru langit one size dengan bahan katun 69%, poliamida 29%, dan elastin 2%. Bahannya cukup lembut dan untungnya cukup dipakai di kakiku meskipun one size. Kaus kaki dari google memiliki desain bergambar logo Google Local Guide disertai gambar pemandangan. Pada bagian alas kaki ada tulisan “Local Guides”.

Aku mungkin tidak akan menggunakan kaus kaki ini untuk keluar rumah dan berjalan-jalan, apalagi bekerja, heheee...  Aku akan menggunakan kaus kaki ini untuk tidur karena beberapa hari kebelakang Bandung cukup dingin.

Oh iya bagi yang bingung, Google Local Guide adalah komunitas global para penjelajah yang menulis ulasan, berbagi foto, menjawab pertanyaan, menambahkan atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Map. Setiap kita berkontribusi di Google, kita akan mendapatkan poin yang dapat kita diakumulasi untuk mencapai level-level tertentu dengan berbagai kompensasi yang telah disiapkan oleh Google.

Aku menjadi bagian Google Local Guide sesungguhnya berawal dari iseng. Aku tidak menyangka keisenganku me-review tempat-tempat yang pernah dikunjungi berujung menjadi kegiatan yang cukup “nagih” dan menyenangkan. Awal aku me-review adalah ketika aku ganti handphone sekitar 1 tahun yang lalu. Entah apa yang aku lakukan pada setting handphone sehingga aku sering sekali mendapatkan notifikasi dari Google untuk me-review tempat yang baru saja aku kunjungi. Sesungguhnya, awalnya aku kesal karena notifikasi itu terus-menerus muncul, jadi aku ladeni saja si notifikasi dengan cara memberikan apa yang Google mau, yaitu review.

Berawal dari hanya menuntaskan kewajiban review agar tidak ada notifikasi yang mengganggu, aku malah jadi keasyikan dan justru menunggu-nunggu si notifikasi tersebut. Apabila aku habis berkunjung ke suatu tempat dan tidak ada notifikasi dari Google, sekarang aku justru inisiatif memberikan review tanpa diminta. Hahahaa...

Karena keisenganku tersebut, secara tidak sengaja aku pun kini telah menjadi Google Local Guide level 6. Meskipun masih baru, tapi alhamdulillah aku sudah beberapa kali mendapatkan keuntungan dari kegiatanku berkontribusi sebagai Local Guide. Aku beberapa kali mendapatkan voucher diskon kereta api, tiket pesawat, dan potongan harga menginap di hotel. Sejujurnya untuk voucher dan potongan harga tersebut aku belum pernah memakainya karena aku belum sempat. Giliran sudah ingin dipakai, eh ternyata vouchernya sudah kadaluarsa.

Dengan menjadi Google Local Guide, kita dapat membantu teman-teman di luar sana untuk menentukan kemana mereka akan berkunjung pada saat akhir pekan, menentukan tempat mana yang menyediakan barang yang dibutuhkan, memberikan overview mengenai tempat yang akan mereka datangi, dan tentunya membantu para pengusaha/pebisnis untuk meningkatkan kualitas mereka dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Review yang aku tulis pun beberapa kali mendapatkan feedback positif dari empunya suatu layanan. Rasanya senang sekali apabila apa yang kita tulis dapat membantu orang-orang.

Untuk berkontribusi di Google Local Guide, kita tidak perlu melulu menulis review. Aku yakin tidak semua orang suka menulis haha... Untuk orang yang gemar fotografi, kalian dapat berkontribusi melalui unggahan foto hasil jepretan kalian. Atau kalau memang ingin lebih simpel, kalian juga dapat berkontribusi dengan menjawab pertanyaan atau hanya memberikan rating. Setiap orang pasti bisa menjadi Google Local Guide! Ayo, tunggu apa lagi? :)



You May Also Like

0 comments